Strategi Pemasaran Produk Makanan untuk Pengusaha Kuliner

Strategi Pemasaran Produk Makanan untuk Pengusaha Kuliner

Banyak orang yang terjun ke dunia bisnis makanan atau kuliner. Hal ini tidak mengherankan karena makanan merupakan kebutuhan pokok setiap orang yang selalu dicari minimal dua atau tiga kali sehari. Tapi semakin banyaknya orang yang terjun ke bisnis kuliner, semakin sulit dan pelik pula persaingan di dalamnya. Pengusaha kuliner dituntut untuk selalu kreatif dan tidak henti melakukan inovasi agar tidak kalah bersaing dengan pengusaha lainnya. Berikut ini strategi pemasaran produk makanan yang bisa Anda coba:

1. Kemasan yang menarik

Salah satu hal pertama sebelum orang mencoba produk makanan Anda adalah melihat kemasan produk. Maka dari itu visualisasi kemasan produk harusnya eye-catching agar orang menjadi lebih tertarik untuk mencicipi produk makanan Anda. Banyak referensi kemasan yang bisa Anda jadikan inspirasi kemasan produk makanan Anda. Carilah yang sesuai dengan target pasar Anda.

2. Foto produk

Baik Anda memasarkan produk secara online maupun offline, menampilkan foto produk makanan yang menggoda akan membantu Anda dalam meningkatkan penjualan. Untuk mendapatkan hasil foto yang menarik dan menggoda, gunakanlah jasa fotografer spesialis makanan yang dapat memfoto produk makanan Anda dengan angle terbaik. Sematkan tagline dan copywriting yang sesuai agar pemasaran produk makanan Anda semakin sukses.

3. Gunakan media sosial

Jaman sekarang siapa yang tidak menggunakan media sosial? Hampir semua orang mempunyai dan menghabiskan sebagian waktunya scrolling media sosial seperti Instragram dan TikTok. Nah, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk makanan Anda. Selain membantu memangkas biaya, memasarkan produk makanan melalui media sosial terbukti merupakan salah satu strategi pemasaran produk yang efektif.

4. Sediakan layanan pesan antar

Daftarkan produk makanan Anda dalam platform layanan pesan antar makanan seperti GoFood, GrabFood dan ShopeeFood. Dengan mendaftarkan produk makanan Anda di beberapa platform tersebut, pelanggan Anda akan dapat membeli produk makanan Anda kapan saja tanpa harus keluar dari rumah atau kantor. Bagi Anda yang baru mulai bisnis kuliner, Anda tidak perlu menyewa tempat, karena Anda bisa menyediakan produk Anda dari rumah saja.

5. Jasa endorsement

Endorsement adalah salah satu strategi pemasaran produk makanan dimana Anda bisa meminta bantuan influencer untuk mempromosikan produk yang Anda jual. Pilihlah influencer yang sesuai dengan target pasar Anda dan yang memiliki impression cukup tinggi atas konten yang mereka upload di media sosialnya. 

6. Giveaway

Melakukan giveaway dapat memberikan potensi cukup besar untuk menjadi viral. Apalagi jika giveaway dilakukan dengan kolaborasi dengan influencer yang tepat, maka promosi produk Anda akan lebih cepat dan meluas. Dalam event giveaway biasanya diadakan aturan untuk mengajak beberapa teman untuk meramaikan giveaway sebagai salah satu syarat giveaway, hal ini tentu akan membantu promosi semakin menjangkau banyak kalangan. 

Itulah beberapa strategi pemasaran produk makanan yang dapat dicoba oleh para pelaku bisnis kuliner. Dengan menerapkan strategi pemasaran produk yang tepat maka Anda akan mencapai target penjualan yang diharapkan pula.