Strategi Pemasaran Produk Makanan Agar Produk Makananmu Laris Manis

Strategi Pemasaran Produk Makanan Agar Produk Makananmu Laris Manis

Banyak orang yang tertarik untuk terjun ke bisnis dunia kuliner karena makanan selalu dicari dan dibutuhkan orang. Walau berjualan makanan terlihat mudah dilakukan, akan tetapi strategi pemasaran produk makanan membutuhkan trik khusus loh! Setelah menentukan produk makanan apa yang ingin kamu jual, selanjutnya mari kita bahas strategi pemasaran produk makanan yang bisa membantu bisnis kamu.

1. Kualitas bahan baku

Bahan baku yang baik akan menentukan rasa dan kualitas makanan yang kamu jual. Oleh karena itu lakukan riset tentang bahan baku yang akan kamu pakai. Carilah supplier atau distributor bahan makanan yang bisa menjaga mutu bahan baku dan juga cari tahu bagaimana cara menyimpan bahan baku agar tidak rusak dan tercemar sehingga kualitasnya tetap terjaga. 

2. Kemasan yang menarik

Kemasan merupakan hal pertama yang dilihat konsumen. Sehingga desainlah kemasan dengan unik dan menarik agar konsumen semakin tertarik untuk membeli. Gunakan material kemasan yang aman dan food grade. 

3. Promosi online

Sekarang ini sudah banyak platform yang bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan dan menjual produk makanan kamu. Kamu bisa menggunakan media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook dan sebagainya untuk mempromosikan produk makanan. Pastikan kamu menyajikan foto-foto produk makanan yang menarik dan menggugah selera calon konsumen. Manfaatkan iklan berbayar yang ada pada Instagram dan Facebook untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

4. Ciri khas produk

Dalam setiap bisnis sangat penting untuk memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri agar produk atau layanan yang kamu jual tampil lebih menonjol daripada pesaing. Cari tahu unique selling point produk kamu dan tonjolkan saat melakukan promosi apa saja keunggulan produk yang kamu jual yang tidak dimiliki produk lain. Cara lain agar produk atau layanan kamu memiliki ciri khas adalah dengan menggunakan nama yang unik namun mudah diingat. 

5. Event kuliner

Selain melakukan promosi produk secara online, kamu juga bisa mengikuti event kuliner agar dapat mempromosikan produk kamu secara offline. Promosi melalui event kuliner dapat meningkatkan brand awareness terhadap produk yang kamu jual. Apalagi jika event yang kamu ikuti diadakan di pusat keramaian di akhir pekan. Kemungkinan besar, event akan ramai dipadati pengunjung, sehingga besar kesempatan kamu untuk mengenalkan produk yang kamu jual ke masyarakat. Selain untuk brand awareness, mengikuti event kuliner juga akan membawa calon pembeli baru, menghasilkan transaksi selama event, meningkatkan image dan visibilitas, menambah network,  dan mengenal potensi pesaing. Selain itu dengan mengikuti event offline kamu bisa belajar dari pembeli secara langsung. Kamu bisa belajar kenapa orang tidak jadi membeli? Kenapa mereka lebih memilih produk pesaing? Kamu juga bisa mendengar pendapat pembeli mengenai produk atau layanan yang kamu tawarkan. 

6. Manfaatkan layanan pesan antar

Menyediakan layanan pesan antar bagi konsumen merupakan salah satu strategi pemasaran produk makanan yang efektif. Di tengah kesibukan masyarakat saat ini, efisiensi waktu merupakan hal yang penting. Dengan layanan pesan antar, konsumen akan lebih mudah mengakses produk makanan yang kamu jual kapanpun dan dimanapun. Layanan pesan antar juga bermanfaat untuk meningkatkan penjualan produk kamu. Konsumen tidak perlu repot-repot datang ke lokasi kamu.

Itulah beberapa strategi pemasaran produk makanan yang bisa kamu coba aplikasikan pada bisnis kuliner kamu. Dengan menerapkan strategi pemasaran produk makanan yang tepat maka bisnis kamu bisa berkembang dan bahkan berekspansi ke luar negeri. Semoga beberapa tips diatas dapat menjadi contoh bagi kamu yang baru dan akan memulai bisnis kuliner.