Mengapa Anda Harus Merancang Strategi Marketing Online?

Mengapa Anda Harus Merancang Strategi Marketing Online?

Di era serba digital ini, internet dan teknologi telah mengubah cara manusia berperilaku di berbagai aspek kehidupan. Mulai dari cara belajar, bekerja, mendapatkan informasi hingga berbelanja, sekarang semuanya bisa dilakukan secara online.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh tim Google, 97% orang yang memiliki akses internet akan mencari informasi di internet. Sebagai contoh, dulu bila Anda ingin membeli sepatu lari model terbaru, Anda akan datang ke toko sepatu untuk mencoba dan membeli langsung. Tapi sekarang ini banyaknya marketplace memudahkan Anda untuk berbelanja online tanpa harus beranjak dari rumah. 

Bagi pelaku usaha tentu saja sangat disayangkan jika Anda tidak merancang strategi marketing online. Karena strategi marketing online akan membantu meningkatkan omzet penjualan usaha Anda menjangkau berbagai kalangan. Nah, apa saja sih manfaat merancang strategi marketing online?

1. 24/7 bekerja untuk Anda

Dengan memiliki website bisnis, Anda akan memiliki tenaga pemasar yang bekerja selama 24 jam seminggu penuh dengan biaya yang murah. Bandingkan jika Anda harus menggaji orang untuk menjadi tenaga pemasar (marketing) yang memiliki jam kerja terbatas selama sehari dan libur di akhir pekan. Tentu mempunyai website dan memasarkan produk Anda di marketplace akan lebih hemat waktu dan biaya.

2. Menjangkau banyak orang

Dengan berjualan online dan dibantu dengan Google AdWords atau Facebook untuk menampilkan iklan produk Anda, Anda akan menjangkau lebih banyak orang daripada berjualan offline. 

3. Lebih hemat

Dengan memulai bisnis secara online, Anda akan jauh lebih menghemat biaya dibandingkan jika Anda menyewa tempat dan mempekerjakan pegawai untuk menjaga toko Anda. Anda akan butuh biaya minimal 10 hingga 30 juta rupiah jika Anda membuka toko offline hanya untuk menyewa tempat. Sedangkan memulai bisnis online bisa Anda lakukan dengan modal yang jauh lebih sedikit.

4. Bisnis dari mana saja

Dengan modal smartphone, laptop dan internet, Anda bisa menghasilkan omzet hingga ratusan juta per bulan, dengan hanya bekerja dari rumah. Hal ini bisa Anda lakukan dengan strategi marketing online yang tepat. 

Itulah beberapa manfaat merancang strategi marketing online. Bila Anda merasa belum perlu memasarkan bisnis secara online, Anda bisa saja akan tertinggal di kemudian hari. Berkaca pada diri kita sendiri, kita menggunakan smartphone, mengakses internet paling tidak sekali dalam sehari. Nah, begitu juga dengan orang lain. Banyak orang yang memilih membeli suatu produk atau mencari informasi mengenai suatu jasa layanan melalui internet. Sehingga melakukan pemasaran secara online merupakan salah satu strategi marketing yang harus Anda terapkan di era digital ini. Melakukan strategi marketing online merupakan salah satu cara Anda beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan jaman. Sebagai pelaku bisnis Anda diharuskan untuk terus dapat beradaptasi, kreatif dan terus menghadirkan inovasi, karena sebaik apapun kualitas produk atau jasa layanan yang Anda jual, tidak akan ada artinya tanpa strategi marketing online yang mumpuni.