Cara Melakukan Strategi Pemasaran Online yang Efektif

Cara Melakukan Strategi Pemasaran Online yang Efektif

Di era serba online sekarang ini, kehidupan manusia hampir tidak dapat dipisahkan dari yang namanya internet. Mulai dari mencari informasi, belajar, bekerja, mencari hiburan, bahkan kegiatan berbelanja kebutuhan sehari-hari sudah dapat dilakukan secara online. Oleh karena itu, strategi pemasaran online sangat dibutuhkan dalam kegiatan bisnis Anda. Ada bermacam-macam jenis strategi pemasaran online yang bisa Anda lakukan, diantaranya content marketing, dimana pelaku bisnis membuat konten yang memiliki hubungan dengan produk yang dijual. Konten bisa berupa artikel, video, gambar atau hasil riset tertentu. Kemudian ada mobile marketing, yaitu strategi pemasaran online yang mentargetkan konsumen yang menggunakan perangkat mobil seperti smartphone dan tablet sehingga para pelaku bisnis mendesain ulang tampilan web mereka agar user friendly saat web diakses menggunakan perangkat mobile.Selanjutnya ada continuous marketing, adalah strategi pemasaran online berkelanjutan yang menekankan pada aktivitas promosi di berbagai media sosial dan masih banyak lagi strategi pemasaran online yang dapat Anda coba.

Namun bagaimanakah cara melakukan strategi pemasaran online yang efektif agar memberikan hasil yang maksimal? 

1. Unique Selling Point (USP)

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menentukan Unique Selling Point (USP). USP merupakan nilai unik pada sebuah produk atau layanan yang membedakan dan mampu menarik calon konsumen untuk membeli produk atau menggunakan layanan tersebut. Pahami kelebihan dan kekurangan bisnis Anda dalam suatu industri, kemudian galilah informasi sebanyak mungkin mengenai industri Anda. Dengan demikian Anda akan lebih mudah mengetahui USP bisnis Anda dan mengidentifikasi kompetitor Anda. Perhatikan apa yang mereka lakukan dan bagaimana cara mereka mempromosikan bisnis mereka kepada konsumen. 

2. Nama Brand yang Mudah

Pilihlah nama brand yang mudah diucapkan dan juga mudah diingat oleh semua orang. Semakin mudah diucapkan maka akan semakin mudah pula nama brand bisnis Anda diingat. Jika Anda perhatikan sekarang ini banyak sekali nama-nama brand yang unik bahkan cenderung nyeleneh. Hal ini tentu saja bertujuan agar nama brand menjadi mudah diingat dan menjadi pembicaraan masyarakat. 

3. Maksimalkan Eksistensi Online 

Setelah Anda memiliki pengetahuan dan pemahaman mendalam mengenai bisnis dan industri Anda, Anda bisa mulai memasarkannya kepada calon konsumen. Cara yang paling mudah untuk memulainya adalah dengan membuat website bisnis Anda. Pastikan website Anda dapat diakses dengan mudah, user friendly, dan berisi informasi-informasi penting yang dicari oleh konsumen. Gunakan fitur email list atau subscribe untuk memudahkan Anda membangun database konsumen. Dengan database ini Anda akan dapat memberikan info mengenai produk atau layanan Anda kepada konsumen seperti produk baru atau diskon produk. 

4. Bangun Komunikasi

Selain website, Anda juga bisa membangun eksistensi bisnis Anda dengan strategi pemasaran online content marketing yaitu dengan mengelola media sosial terkini seperti Instagram, TikTok, dan sebagainya. Media sosial merupakan salah satu teknik  pemasaran yang efektif membangun product awareness dan relationship dengan konsumen Anda. 

5. Promo Spesial

Memberikan promo spesial adalah salah satu strategi pemasaran online yang paling disukai konsumen. Contoh promo special yang bisa Anda gunakan adalah memberi diskon, promo bundling, buy 2 get 1 dan sebagainya. Dengan memberi promo special maka Anda dapat menarik konsumen baru atau konsumen lama kembali membeli produk atau menggunakan layanan Anda. 

Itulah beberapa tips melakukan strategi pemasaran online yang efektif, semoga bermanfaat.