Ini Dia Strategi Marketing Online yang Harus Anda Kuasai!

Ini Dia Strategi Marketing Online yang Harus Anda Kuasai!

Strategi marketing online merupakan salah satu teknik marketing atau pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan jaringan internet, misalnya melalui website, blog, media sosial, iklan (ads), dan sebagainya. Cara pemasaran online ini sangat efektif menjaring konsumen karena seiring berjalannya waktu, pengguna media sosial, situs web dan blog, maupun aplikasi berbasis internet terus meningkat. Berikut strategi marketing online yang harus Anda kuasai agar bisnis Anda semakin sukses:

a. Search Engine Optimization (SEO)

Tujuan dari SEO adalah sebagai sarana marketing online agar website Anda muncul di halaman awal Google. Hal ini dilakukan tanpa menggunakan iklan Google Ads. Lalu bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menyajikan konten dalam website perusahaan yang SEO-friendly. SEO dibagi menjadi dua, yakni:

  • SEO on-page: merupakan optimasi SEO di dalam website itu sendiri dan dilakukan melalui pembuatan konten SEO friendly.
  • SEO off-page: merupakan optimasi SEO yang berasal dari luar website, yaitu dengan melalui penambahan backlink.

b. Pay Per Click (PCP)

PPC merupakan strategi marketing produk dengan menggunakan iklan berbayar dimana Anda akan membayar jasa promosi sesuai dengan jumlah click yang dilakukan oleh konsumen. Keunggulan dari PPC adalah Anda dapat mengontrol anggaran yang dikeluarkan untuk iklan, Anda dapat mengatur target pasar, Anda bebas memilih platform atau sarana tempat menampilkan iklan sesuai dengan kebutuhan, dan Anda bisa mengatur durasi penampilan iklan.

c. Content Marketing

Content marketing dapat berupa artikel, infografis, majalah elektronik, atau gambar dan video yang diupload di website atau media sosial.

d. Affiliate marketing

Affiliate marketing merupakan salah satu strategi marketing online dengan cara bekerjasama dengan pengusaha lain agar saling memasarkan produk dan membagi keuntungannya. Dengan cara ini, Anda akan berpeluang mendapatkan peningkatan penjualan dan juga memperluas relasi bisnis Anda sehingga produk Anda akan semakin dikenal di berbagai kalangan.

Itulah beberapa strategi marketing online yang bisa Anda pelajari dan kuasai untuk mendukung perkembangan bisnis Anda. Beberapa manfaat dari strategi marketing online adalah Anda lebih mudah menjangkau lebih banyak calon konsumen, dari lintas pulau bahkan lintas negara. Marketing online juga memungkinkan Anda untuk melakukan promosi dengan lebih fleksibel kapanpun dan dimanapun. Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki skill marketing online seperti copywriting dan editing, karena Anda akan lebih hemat biaya dan tenaga. Marketing online akan mempermudah komunikasi antara penjual dan konsumen karena Anda dapat merespon konsumen dengan cepat. Akan tetapi, meskipun marketing online terkesan mudah karena dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, Anda jangan sampai ceroboh dalam memilih strategi marketing online yang sesuai dengan produk Anda. Tentukan strategi marketing yang tepat, tentukan target konsumen produk Anda, buatlah konten yang menarik dan yang tidak kalah penting adalah gunakan tools yang tepat dalam marketing online. Beberapa tools yang bisa Anda gunakan agar dapat memantau efektivitas pemasaran online adalah Google Analytics, Ahrefs, Yoast dan masih banyak lagi. Selamat mempraktekkan!