5 Langkah Strategi Pemasaran Produk yang Tepat Sasaran

5 Langkah Strategi Pemasaran Produk yang Tepat Sasaran

Strategi pemasaran produk merupakan suatu cara yang harus dilakukan dalam rangka memperkenalkan produk secara lebih luas ke masyarakat. Banyak hal yang bisa dilakukan dalam menyusun strategi pemasaran produk yang tepat sasaran. Agar produk atau layanan yang Anda tawarkan digemari oleh masyarakat maka Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Target Pasar 

Kenalilah target pasar Anda sebelum menerapkan strategi pemasaran produk Anda. Lakukanlah riset siapa yang menjadi target pasar Anda. Semakin spesifik target pasar Anda, semakin besar peluang Anda untuk berhasil. 

2. Optimasi Strategi Pemasaran Produk dengan Sosial Media

Media sosial sekarang ini adalah salah satu alat pemasaran yang paling ampuh karena hampir semua orang dari berbagai kalangan aktif menggunakan sosial media. Misalnya saja Anda bisa melakukan promosi melalui iklan di Instagram dan Facebook. Dengan sosial media, pelaku usaha dapat menjalin interaksi secara luas dengan berbagai kalangan, dengan harga yang murah dan jangkauan yang luas. Sosial media memungkinkan pelaku usaha untuk memilih target pasar yang sesuai untuk memasarkan produknya sehingga produk atau layanan yang ditawarkan memiliki peluang lebih besar untuk terjual.

3. Kolaborasi dengan Influencer

Collab atau kolaborasi merupakan istilah yang sedang naik daun akhir-akhir ini dan cara ini terbukti ampuh digunakan sebagai salah satu strategi pemasaran produk atau layanan. Kolaborasi bisa dilakukan dengan influencer. Influencer atau pemengaruh adalah orang yang menggunakan sosial media untuk mempromosikan atau merekomendasikan sesuatu. Mereka adalah seseorang yang mampu memberikan pengaruh pada orang lain untuk tergerak melakukan sesuatu. Banyak orang menggunakan jasa influencer dan membiarkan pengikut atau follower mereka untuk mengetahui produk atau jasa Anda melalui postingan influencer.

4. Giveaway atau Memberikan Produk Secara Gratis

Cara ini disebut sebagai salah satu strategi pemasaran produk yang ampuh karena siapa sih yang ingin melewatkan produk gratis? Dengan memberikan produk secara gratis dengan cara giveaway, Anda menciptakan engagement dengan calon pelanggan dan membuat calon pelanggan tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut tentang produk atau layanan Anda. Cara ini juga ampuh untuk menghilangkan keraguan calon pelanggan yang ragu-ragu untuk mencoba produk atau layanan Anda.

5. Hubungan Baik dengan Pelanggan Lama

Jangan hanya fokus pada akuisisi pelanggan baru, tapi perhatikan pula hubungan perusahaan dengan pelanggan lama. Pelanggan lama adalah kunci dari konsistensi pendapatan sebuah perusahaan, sehingga hubungan dengan pelanggan lama yang terjalin baik adalah sebuah bentuk investasi jangka panjang. Saat pelanggan lama merasa nyaman dan cocok terhadap produk dan layanan Anda, mereka akan cenderung setia dan konsisten membeli produk atau menggunakan jasa Anda. Cara menjalin hubungan baik agar mereka tetap setia bisa dilakukan dengan beberapa cara, antara lain dengan memberikan program loyalitas pelanggan atau membuat konten interaktif.

Demikianlah beberapa strategi pemasaran produk yang bisa Anda coba yang akan dapat menarik calon pelanggan baru dan sekaligus mempertahankan pelanggan lama. Jika didukung dengan strategi pemasaran produk yang tepat, maka Anda bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih besar lagi. Selamat mencoba!