Pelatihan dan Pengembangan SDM, Cara Meningkatkan Penjualan, Cara Meningkatkan Omset Penjualan, Pelatihan SDM, Konsultan SDM, Pelatihan Karyawan, Pengembangan Karyawan, Cara Menaikan Omset Penjualan, Konsultan Marketing, Konsultan Pemasaran, Cara Meningkatkan Omset, Seminar Nasional,

Hubungi Jagoan Closing Indonesia

JAGOAN CLOSING INDONESIA adalah...

Sebuah cara untuk 

  • (1) mencapai tujuan hidup 
  • (2) mencapai penghasilan impian 
  • (3) hidup tenang dan bahagia, dengan membereskan 'kegagalan berpola' yang terjadi dalam diri maupun tim perusahaan Anda. 

Hubungi WA 081311998489. Sudah terbukti selama 15 tahun dipraktekkan

Jika ini masalahnya :

  • (1) Sudah ikut berbagai seminar, pelatihan sukses, kursus, pendampingan; namun hasilnya gitu-gitu saja?
  • (2) Sudah coba berbagai strategi sukses namun selalu menemui hambatan atau kegagalan yang sama?
  • (3) Sudah banyak baca buku dan praktekkan video-video sukses namun serasa tidak beranjak kemana-mana?
  • (4) Banyak keluarga, teman, dan relasi namun hati tetap merasa hampa?
  • (5) Banyak melakukan kebaikan, membantu sesama, dan ikut organisasi sosial namun rasa damai belumlah tercapai?
Jika itu masalahnya, segera hubungi kami di WA 081311998489

10 Cara Meningkatkan Omset Penjualan di 2021

|

10 Cara Meningkatkan Omset Penjualan di 2021

Menjalankan bisnis tidak sesederhana yang terlihat. Agar tidak kalah saing dengan bisnis serupa lainnya, Anda harus terus berinovasi. Seiring dengan berjalannya waktu, cara meningkatkan penjualan UKM pun ikut berevolusi. Anda harus terus mengikuti perkembangan zaman agar usaha Anda terus bertahan dan berkembang ke arah yang lebih baik.

Sebagian besar masalah yang dialami oleh pelaku UKM adalah modal yang terbatas dan strategi pemasaran yang monoton. Padahal, seperti yang kita ketahui bersama, dua hal ini menjadi yang paling penting dalam bisnis. Cara memperluas usaha yang paling utama adalah memperhatikan dua hal tersebut.

Agar modal usaha semakin besar, Anda perlu meningkatkan omset penjualan melalui strategi pemasaran yang tepat. Berikut adalah 10 tips meningkatkan omset penjualan yang perlu Anda coba pada tahun 2021 ini.

1. Cari Tahu Keunggulan Produk

Setiap produk, entah itu barang atau jasa, pasti memiliki keunggulan dan kekurangan jika dibandingkan dengan produk lain. Anda juga perlu memperhatikan keduanya untuk mengembangkan bisnis.

Pertama-tama, cari di mana kelemahan produkmu. Setelah itu, fokus agar bisa terus memperbaiki produk sehingga produk bisa diterima dengan baik oleh pelanggan.

Kemudian, yang tak kalah penting, Anda juga harus berfokus pada keunggulan produk. Jadikan keunggulan produk tersebut sebagai nilai plus produk Anda dibandingkan dengan produk sejenis lainnya.

2. Sasar Target Pasar yang Spesifik

Selanjutnya, Anda juga harus paham siapa target pasar Anda. Semakin spesifik target pasar yang Anda sasar, semakin mudah untuk memilihkan produk-produk yang tepat untuk mereka. Hal ini juga sangat membantu dalam membuat strategi pemasaran selanjutnya.

3. Lakukan Promo Berbatas Waktu

Agar produk laris manis dalam waktu cepat, promosi adalah suatu langkah yang tepat. Anda bisa mendesain promo-promo tertentu mengikuti event-event besar yang sedang atau akan berlangsung.

Promosi berbatas waktu adalah hal paling baik untuk dicoba. Biasanya, karena durasi promo yang terbatas, pelanggan tidak akan berpikir panjang untuk membeli sesuatu. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mempercepat transaksi.

4. Gunakan Strategi Bundling

Punya banyak stok barang yang belum terjual di gudang? Anda bisa menghabiskannya dengan strategi promosi bundling. Kelompokkan produk-produk yang sejenis, kemudian jual dalam satu paket.

Anda bisa menawarkan harga yang lebih murah agar paket produk tersebut bisa cepat terjual. Promo bundling ini bisa berupa buy on get one free atau yang lainnya yang menurut Anda paling menarik.

5. Jangkau Lebih Banyak Pasar dengan Digital Marketing

Digital marketing memiliki peran utama dalam menyukseskan bisnis di era ini. Manfaatkan media sosial, seperti Instagram, Youtube, Facebook, TikTok, atau email untuk memasarkan produk. Teknik ini jauh lebih efektif dibandingkan teknik-teknik sebelumnya.

6. Berikan Layanan Terbaik

Agar pelanggan mau datang lagi ke Anda atau istilah lainnya repeat order, Anda perlu memberikan layanan yang baik. Lakukan hal ini dengan membalas pesan pelanggan dengan cepat.

Idealnya, pelanggan mau diberi kepastian tentang barang yang mereka pesan. Customer care yang cepat tanggap bisa menjadi kunci kesuksesan bisnis.

7. Kelola Hubungan Baik dengan Pelanggan

Bagaimana cara mengelola hubungan baik dengan pelanggan? Gampang. Anda hanya perlu lebih perhatian kepada mereka.

Setelah produk sampai di tangan pembeli, jangan segan untuk menanyakan bagaimana pendapatnya. Ucapkan terima kasih jika memang pelanggan puas dengan produk dan layanan Anda.

8. Minta Feedback dari Pelanggan

Selanjutnya, untuk membangun kredibilitas perusahaan, Anda membutuhkan testimoni langsung dari pelanggan. Testimoni langsung tersebut bisa diisi di kolom komentar media sosial atau kolom komentar di marketplace.

9. Buka Toko Online di Marketplace

Jangan pernah ragu untuk membuka toko online di E-commerce atau marketplace. Pada tahun 2021 ini, orang-orang lebih banyak berbelanja online melalui e-commerce. Membuka toko online di e-commerce adalah strategi bisnis UKM terbaik yang harus Anda coba.

10. Berikan Garansi

Terakhir, untuk membuat pelanggan baru lebih percaya dengan produk Anda dan Anda pun cukup percaya diri dengan produk yang dijual, jangan ragu untuk memberikan garansi. Ini adalah bentuk jaminan yang paling dibutuhkan oleh pelanggan.

Anda bisa mencoba salah satu cara meningkatkan penjualan UKM. Semoga usaha Anda terus berkembang di tahun 2021 ini, ya!

Sumber : https://ukmsumut.id/bisnis-ukm/penjualan/10-cara-meningkatkan-omset-penjualan-di-2021/

Related Posts